Hari Ini

Tips Berpuasa Yang Sehat

Update Terbaru hari ini Google 2013 mau berbagi beberapa Tips Berpuasa Yang Sehat, berhubung sebentar lagi kita semua akan memasuki Bulan Ramadhan atau Bulan Suci Ramadhan, Dimana kita sebagai umat muslim akan menjalankan Ibadah Puasa selama 1 bulan penuh. Nah buat Anda yang ingin tahu cara berpuasa yang sehat dan baik bagi kesehatan tubuh kita.. bisa Anda simak Tips Berpuasa Yang Sehat berikut ini.

Tips Berpuasa Yang Sehat

Berikut ini ada 2 Tips Puasa Yang Sehat di Bulan Suci Ramadhan yang bisa Anda baca langsung artikelnya dibawah ini :

- Minumlah yang cukup. Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

- Makan-makanan yang sehat. Anda sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

- Jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

- Jangan makan terlalu banyak. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih.

- Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

- Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

- Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.

- Minimalkan penggunaan tenaga fisik. Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

- Penderita diabetes. Penderita diabetes harus secara teratur memonitor gula darah mereka, cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

- Orang yang lemah fisik. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

- Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

- Segera membatalkan puasa bila mendapatkan masalah kesehatan. Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya.
*****************************

- Selalu konsumsi makanan bergizi baik saat sahur ataupun berbuka, meski dengan menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Jangan asal kenyang semua dibabat, harus ada kontrol.

- Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyak jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Ini menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena begitu banyak hidangan atau beragam jenis makan yang tersedia dan mudah didapatkan ketika Ramadhan yang semuanya manisan dan gorengan sehingga makanan yang mengandung serat terlupakan.

- Upayakan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Minimal setiap tubuh membutuhkan 2 liter air putih untuk menjaga agar badan tidak mudah lemas dan aliran oksigen dalam tubuh menjadi lancar.

- Usai sahur jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

- Saat berbuka, jangan langsung minum air dingin atau es. Sebaliknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak.

- Jangan langsung makan besar ( Nasi cs) saat berbuka, agar lambung tidak kaget. Sehingga kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Kunyah makanan dengan baik untuk meringankan kerja pencernaan. Disarankan konsumsi kurma sebanyak 3 butir, itu akan lebih sehat. Slow saja, jangan langsung semua dibabat karena alasan balas dendam dan sekarang sudah menjadi alasan klasik..:)

- Tetap semangat untuk berpuasa walaupun aktifitas Anda cukup padat, jaga selalu kesehatan Anda supaya ibadah puasa kita dibulan yang suci ini mendapat pahala dari Allah SWT. Amin :).

Itulah beberapa "Tips Berpuasa Yang Sehat". semoga bermanfaat buat Anda semua yang akan menjalankan Ibadah Puasa Di Bulan Suci Ramadhan tahun ini :), Bisa Anda baca juga Koleksi UCAPAN SELAMAT PUASA.

"Tips Berpuasa Yang Sehat" Was posted by 8:57 PM, under Tips and permalink http://www.kabarharianterbaru.com/2013/06/tips-berpuasa-yang-sehat.html.

Tinggalkan Komentar: